Rangkuman Sistem Informasi Teknik Informatika

0
19

 Apa yang anda ketahui tentang system operasi

system Informasi adalah bagian yang sangat penting bagi semua sistem komputer yang ada. Secara umum adalah mengelola seluruh sumber daya yang terdapat pada sistem Komputer, serta penyedia sekumpulan layanan (system call) kepemakai, sehingga memudahkan dan menyamankan penggunaan serta pemanfaatan sumber daya yang terdapat pada sistem komputer.

Jelaskan pengertian multitasking,multi programming,multi processing dan real time sistem

kemudian berikan masing-masing contohnya agar bisa di mengerti secara baik.

a. Multitasking System
b.  Multiprogramming & Multiprocessing System

c. Real Time SystemJawaban :

Multitasking System

Multitasking System adalah istilah teknologi informasi dalam bahasa inggris yang mengacukepada sebuah metode dimana banyak pekerjaan atau dikenal juga sebagai proses diolah dengan menggunakan sumber daya CPU yang sama. Contoh sistem operasi jenis ini antara lain adalah linux. Linux adalah sistem operasi yang multitasking danmultiuser seperti kebanyakan SO yang ada pada saat ini. Multitasking pada linux artinya linux bisa atau mampu menjalankan beberapa proses dalam waktu yang bersamaan.

Multiprograming system

Multiprograming system adalah kegiatan menjalankan beberapa program pada memori pada satu waktu.Contoh dalam satu waktu sebuah program sedang menggunakan CPU, sedangkan program yang lain menggunakan printer. Multiprosessing System adalah Kemampuan komputer untuk melakukan beberapa prosesdalam waktu bersamaan,dengan keberadaanteknologi berbasis multiprocessor . contoh multiprograming system computer server.
 

Real Time System

Real Time System adalah dengan Sistem waktu nyata. Sistem yang harus menghasilkan responyang tepat dalam batas waktu yang telah ditentukan. Jika respon komputer melewati batas waktu tersebut, maka terjadi degradasi performansi atau kegagalan sistem.Sebuah Real time system adalah sistem yang kebenarannya secara logis didasarkan pada kebenaran hasil-hasil keluaran sistem dan ketepatan waktu hasil-hasil tersebutdikeluarkan. Aplikasi penggunaan sistem seperti ini adalah untuk memantau danmengontrol peralatan seperti motor, assembly line, teleskop, atau instrumen lainnya.Peralatan telekomunikasi dan jaringan komputer biasanya juga membutuhkan pengendalian secara Real time. contoh Real Time System adalah pemesanan tiket pesawat on line.

Jelaskan perbedaan antara proses, program & thread

 
detail dari pertanyaan tersebut agar mudah dipahami dengan baik dan benar maka lihat jawaban di bawah ini.
Sebuah proses adalah sebuah peristiwa adanya sebuah program yang dapat dieksekusi. Sebagai sebuah eksekusi proses, maka hal tersebut membutuhkan perubahan keadaan. Keadaan dari sebuah proses dapat didefinisikan oleh aktivitas proses tersebut.

Thread adalah unit dasar dari penggunaan CPU, thread mengandung Thread ID, program counter, register set, dan stack. Program adalah kumpulan instruksi yang digunakan untuk mengatur komputer agar melakukan suatu tindakan tertentu.

INFO BARU :  Contoh soal Psikotes Arimatika dan pembahasan online

Perbedaan proses, program dan thread 

  1. Pembentukan Thread membutuhkan waktu yang lebih sedikit daripada pembentukan process.
    2.Membutuhkan waktu yang lebih sedikit untuk menhakhiri Thread daripada process.
    3.Lebih mudah dan cepat untuk melakukan switch antar Thread daripada switch antar process.
    4.Thread menggunakan secara bersama ruang alamat dari proses yang menciptakannya. Proses memiliki ruang alamat sendiri-sendiri.
    5.Thread memiliki akses langsung ke segemen data dari prosesnya. Masing-masing proses memiliki salinan segmen data dari parent process-nya.
    6.Thread dapat saling komunikasi dengan thread lain dalam satu process. Antar proses harus menggunakan komunikasi antar proses.
    7.Thread hampir tidak memiliki overhead. Proses memiliki overhead.
    8.Thread dapat memiliki pengaruh kontrol yang besar terhadap thread lain dalam satu proses. Proses hanya dapat mengendalikan proses anakannya.
    9.Perubahan pada thread utama seperti pembatalan atau perubahan prioritas dapat mempengaruhi tingkah laku thread lain dalam satu proses. Perubahan pada parent proses tidak mempengaruhi proses anakan.

Jelaskan perbedaan tipe penadwalan preemptive dan non preemptive 

Perbedaan Preemptive dan NonPreemptive

Preemptive

  1.  Algoritma preemptive dijalankan oleh penghitungan yang diprioritaskan.
  2. Proses dengan prioritas tertinggi menjadi satu – satunya yang memakai CPU.
  3. Jika ada proses baru yang prioritasnya lebih tinggi, proses yang terdapat pada CPU dihilangkan .
  4. context_switch() dipanggil walaupun proses diberhentikan oleh timer interrupt.

Non-Preemptive

  1. Algoritma non – preemptive hanya mengizinkan satu proses.
  2. Proses tidak dihilangkan dari CPU sampai waktu berjalannya selesai.
  3. context_switch() dipanggil ketika proses diberhentikan atau diblok.

BACA JUGA !!

critical section dan Solusi dari critical section
Model Multithreading jelaskan dan perbedaan nya

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here