Penjelasan Struktur Bahasa Program Procedural

0
16

Bahasa pemrograman yang berbasiskan prosedur terdiri dari blok atau sub program. Yang memiliki dua bagian utama yaitu: bagian deklarasi dan bagian Statement.

  • Bagian Deklarasi

Bagian deklarasi merupakan bagian program untuk mendefinisikan tipe data suatu variable, konstanta, serta fungsi dan prosedur yang akan digunakan pada program. Selain itu, bagian deklarasi dapat juga digunakan untuk memberi nilai awal suatu variable. Dengan kata lain, deklarasi digunakan untuk memperkenalkan suatu nama kepada Compiler program. Berikut contoh deklarasi :

Deklarasi Variable
Deklarasi diawali dengan tipe data variable baru diikuti dengan nama variable (identifier). Suatu identifier harus diawali oleh karakter bukan angka, tetapi tidak boleh mengandung karakter khusus seperti * , – + / = < > . ? & dan sebagainya identifier bersifat case sensitive, sehingga variable s dan S akan dianggap dua identifier yang berbeda.

  • Bagian Statement

Bagian statement merupakan bagian program yang berisi perintah yang akan dieksekusi/dijalankan. Dimulai dari deklarasi variable hingga akhir statement diawali dan diakhiri dengan tanda kurung kurawal { dan }. Berikut adalah contoh potongan kode untuk implementasi menghitung luas lingkaran dengan Bahasa C.Penjelasan strukture code dari potongan kode Bahasa C mulai dari atas sampai ke bawah.

  1. #include <stdio.h> Baris di awal program ini mengincludekan header library stdio ke dalam program. Seperti halnya Pascal, Bahasa C juga memiliki cukup banyak library standar yang dapat digunakan. void main()
  2. Baris kedua ini menandakan awal dari blok statement utama. Pada bahasa C, blok program utama merupakan suatu fungsi/sub program yang diberi nama ‘main’.  const phi = 3.14;
  3. Pada awal baris ketiga ini, terdapat tanda kurung kurawal sebagai pembuka blok statement. Kemudian reserved word const digunakan untuk mendeklarasikan konstanta phi. float diameter, radius, Luas;
  4. Baris keempat ini digunakan untuk mendeklarasikan variable diameter, radius, dan luas dengan tipe data float (bilangan pecahan) scanf(“%f”, &diameter);.
  5. Baris kelima berisi perintah yang berfungsi untuk meminta input bertipe float dari user, dan kemudian nilainya disimpan ke variable diameter. radius = diameter / 2.0; Luas = phi * radius * radius;
  6. Baris keenam dan ketujuh melakukan operasi matematika untuk menghitung luas lingkaran. 8. printf(“%f”,Luas); Baris ini digunakan untuk mencetak isi variable luas yang bertipe float. } Baris ini menandakan akhir dari blok statement.
INFO BARU :  Contoh soal EPS topik kosakata bahasa korea dan jawaban online
Aturan Leksikal adalah aturan leksikal yaitu aturan yang digunakan dalam membentuk suatu deklarasi, definisi, maupun statement hingga menjadi satu program yang utuh. Aturan ini meliputi beberapa element antara lain:
token,komentar,identifier,operator
penjelasan lebh detailnya bisa di lihat di link ini Element Aturan Leksikal pemograman.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here