Latihan Soal Tes Polisi ,TNI ,IPDN dan jawaban pembahasan

0
0

Latihan Soal Tes Polisi ,TNI ,IPDN dan jawaban pembahasan

Infodani , hari ini akan menyajikan berbagai kumpulan soal Tes Polisi ,TNI ,IPDN hasil dari berbagai soal yang selalu di ujikan.

Soal ini di rangkum agar kalian dapat belajar menghadapi soal yang ada dengan cepat dan benar.

Orang kebanyakan yang ikut tes hanya modal uang dan relasi dari keluarganya untuk lulus dari setiap tes nya.

mungkin sedikit orang yang lulus dengan kerja kerasnya sendiri sangat disayangkan dengan adanya sistem kelulusan  di jaman ini.

INGAT , Lulus dari hasil sendiri dengan segala kemampuan yang di miliki akan lebih membahagiakan dari pada lulus karena orang lain.

Soal latihan berisikan beberapa tahap seperti :

Kecepatan menjawab soal perhitungan matematika

INFO BARU :  Cara menjawab cepat soal matematika dan jawaban

Tes logika

  1. logika arimatika
  2. logika penalaran

Analog verbal test

Analog verbal test adalah Tes yg terdiri atas soal berisi sinonim/antonim/analog suatu kata, yang diukur adalah kemampuan logika anda terhadap sebuah kondisi, untuk melihat sejauh mana anda memahami sebab-akibat suatu permasalahan.

Test Pauli (hitung koran)

Tes terdiri dari angka yang tersusun atas ke bawah dalam bentuk lajur-lajur. Peserta harus menjumlahkan dua angka yang berdekatan dalam waktu tertentu di setiap kolom dan menuliskan disampingnya. Tes ini mengukur kemampuan diri dalam konsistensi, ketahanan, sikap terhadap tekanan.

Tips Test Pauli (hitung koran)

  • ketika tes menggunakan pensil biasa atau pulpen, karena tes ini sangat terikat dengan waktu. 
  • Usahakan angka yang dijumlahkan di masing-masing kolom stabil sehingga hasilnya akan lebih baik jika dibandingkan anda memaksakan diri di awal tes.

Wartegg Test

Wartegg Test adalah 8 kotak yang berisi bentukan-bentukan tertentu seperti titik, garis kurva, 3 garis sejajar, kotak, 2 garis saling memotong, 2 garis terpisah, 7 buah titik tersusun melengkung dan garis melengkung. tes ini di haruskan menggambar kemudian menuliskan urutan gambar yang telah dibuat, lalu menuliskan nomor gambar mana paling disukai, tidak disukai, sulit dan mudah menurut anda. bertujuan untuk mengetahui emosi, imajinasi, intelektual dan aktifitas subjek.

Tips Wartegg Test
Urutan menggambar buat kombinasi antara sesuai nomor dan acak. Karena apabila anda menggambar berdasarkan urutan 1,2,3,4,5,6,7,8 ini berarti sifat Anda adalah orang yang kaku/konservatif sedangkan secara acak misalnya 5,7,6,8,3,2,4,1 tipe Anda adalah orang yang terlalu kreatif, inovatif.

Army Alpha Intelegence Test

Army Alpha Intelegence Test adalah Tes terdiri 12 soal berisi kombinasi deretan angka dan deretan bentuk. Satu soal terkait dengan soal sebelumnya. Bertujuan mengetahui seberapa jauh kemampuan daya tangkap dalam menerima dan melaksanakan instruksi dengan cepat dan tepat.

Tips Army Alpha Intelegence Test
Konsentrasikan pikiran sepenuhnya kepada apa yang dikatakan panitia. Oleh karena itu bersikaplah sabar, jangan terburu-buru untuk menjawab, sebelum panitia selesai memberikan instruksi.

Edwards Personal Preference Schedule (EPPS)

Edwards Personal Preference Schedule adalah tes dimana pilihan jawaban yang paling mencerminkan diri dan pribadi bertujuan mengetahui motivasi, kebutuhan dan motif seseorang dalam kehidupannya.

Tips mengerjakan Edwards Personal Preference Schedule (EPPS)
Jawab pertanyaan sesuai dengan kondisi anda yang paling mendekati, 
karena pertanyaan akan berulang di nomor berikutnya, sehingga apabila jawaban tidak sinkron maka di pastikan jawaban tidak jujur.

Draw A Man Test (DAM)

Draw A Man Test (DAM) adalah  test dimana anda harus menggambar seseorang kemudian dideskripsikan usia, jenis kelamin dan aktifitas orang tersebut. Tes ini dipergunakan untuk mengetahui peserta dari segi tanggung jawab, kepercayaan diri, kestabilan dan ketahanan kerja.

TIPS tes menggambar orang
Gambarlah orang tersebut secara utuh mulai dari ujung kepala sampai ke ujung kaki, termasuk detail muka seperti mata, hidung, mulut dan telinga. kemudian jelaskan aktifitas, misalnya pelukis sedang sedang melukis.

Menggambar Pohon

Tes ini mewajibkan peserta untuk menggambar pohon dengan kriteria sebagai berikut: berkambium (dikotil), bercabang dan berbuah. Sehingga Anda tidak diperbolehkan menggambar pohon diluar kriteria di atas seperti bambu, pisang, semak belukar ataupun jenis tanaman monokotil lainnya.

TIPS TES menggambar pohon :
Pohon yang digambar HARUS memenuhi kriteria seperti tanaman dicotyl / berkambium, bercabang dan berbuah.
usahakan menggambar secara detail dan rinci setiap komponen dari bagian-bagian pohon seperti tangkai,bentuk daun, kerapatan daun, buah, akar bahkan alur pohon.

latihan yang lain nya bisa di lihat di soal latihan psikotes online di bawah ini.

Contoh soal psikotes online dan jawaban lengkap untuk pemula

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here