Element Aturan Leksikal pemograman

0
25

Penjelasan Aturan Leksikal

Aturan Leksikal adalah aturan leksikal yaitu aturan yang digunakan dalam membentuk suatu deklarasi, definisi, maupun statement hingga menjadi satu program yang utuh.

Element Aturan Leksikal

Aturan ini meliputi beberapa element token,komentar,identifier,operator, keywords (Reserved Words).

Token 

Token yaitu element terkecil pada bahasa pemrograman yang memiliki arti penting bagi compiler. Yang termasuk token antara lain: identifier, keywords(reserved words), operator, dan sebagainya. Token yang satu dengan yang lain dipisahkan dengan satu atau lebih spasi, tab, baris baru, atau komentar.

Komentar 

Komentar yaitu teks (kumpulan karakter) yang diabaikan oleh Compiler. berguna untuk memberi catatan mengenai bagian program tertentu sebagai referensi baik bagi programmer itu sendiri maupun orang lain yang membaca kode program tersebut. Pada bahasa Pascal, teks yang berada di antara kurung kurawal pembuka {dan kurung kurawal tutup } akan dianggap sebagai komentar. Selain itu, dapat pula menggunakan tanda (* sebagai pembuka komentar, dan tanda *) sebagai penutup. Contoh : Pada bahasa C, teks yang berada di antara tanda /* dan tanda */ akan dianggap sebagai komentar. Dan untuk teks yang ada setelah tanda // juga akan dianggap komentar satu baris. Berikut adalah contoh penggunaan komentar pada bahasa C.

Identifier 

Identifier merupakan kumpulan karakter yang digunakan sebagai penanda untuk nama variable, nama tipe data, fungsi, prosedur, dan sebagainya. Aturan penulisan identifier Yaitu: suatu identifier harus diawali oleh karakter non angka sebagai berikut: a b c d e f g h i j k l m n o p q r s t u v w x y z A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z. Selanjutnya boleh menggunakan karakter angka ( 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9 ) maupun karakter non angka tersebut di atas, namun tidak boleh menggunakan karakter khusus/spesial seperti + – * / ? ! { } [ ] dan sebagainya. Berikut adalah contoh-contoh identifier yang benar maupun salah.

INFO BARU :  Tanda subjek kalimat bahasa korea

Keywords atau Reserved words

Keywords atau Reserved words merupakan kata-kata yang telah ada/didefinisikan oleh bahasa pemrograman yang bersangkutan. Kata-kata tersebut telah memiliki definisi yang sudah tetap dan tidak dapat diubah. Karena telah memiliki definisi tertentu, maka kata-kata ini tidak dapat digunakan sebagai identifier. Pada bahasa C.

baca juga Penjelasan Struktur Bahasa Program Procedural.

 
 
 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here