Contoh Laporan Array 1 Dimensi lengkap

1
132

LAPORAN PROGRAM ARAY 1 DIMENSI PEMROGRAMAN OBJEK JAVA

LAPORAN PROGRAM ARAY 1 DIMENSI PEMROGRAMAN OBJEK JAVA
 
KATA PENGANTAR
 
Puji syukur  kepada Tuhan yang  Maha Esa kiranya telah diberikan  kesehatan dan pembelajaran  sehingga penyusunan laporan ini telah selesai berkat pertolongan Tuhan dan kerja keras.Dan kepada Bapak Dosen Teori
Pemrograan OOP saya mengucap syukur sebesar besarnya kiranya telah diberikan pelajaran  hingga kami dapat berpikir dengan matang karena penyusunan laporan ini kami bisa bekerja sama antara sesama mahasiswa hingga kami dapat berbagi ilmu. Semoga laporan  ini dapat berguna pada teman-teman  mahasiswa tanpa doa teman teman mungkin laporan ini belum selesai.Saya berterima kasih atas bantuannya tanpa kalian mungkin laporan ini tidak selesai. Mungkin laporan ini jauh diatas sempurna, jadi kami mohon maaf  jika ada  kesalahan penulisan atau kurang berkenan dihati saudara kami mohon maaf atas kesalahan tersebut. Dan semoga makalah  ini membuat ilmu kita bertambah.
 
PENDAHULUAN
 
a. Latar belakang 
Dengan adanya kemajuan Tekhnologi di dunia ini akal pikiran manusia semakin mahir dalam menciptakan sesuatu yang bermanfaat bagi kehidupan mereka, salah satunya dalam pembuatan program – program yang sangat membantu mereka dalam menyelesaikan pekerjaan mereka dengan cepat, baik dan memuaskan, maka dari itu penulis menyusun laporan mengenai array 1 dimensi. salah satu bagian dari kemajuan zaman yang betul betul terlihat manfaatnya. Array bisa juga disebut sebagai salah satu program yang terlahir dari dunia tekhnologi lewat pola pikir manusia yang bermanfaat untuk menyelesaikan suatu penghitungan.
 
b. Maksud dan Tujuan
Maksud dan tujuan penulis dalam penyusunan  laporan ini sebagi penambah informasi bagi penulis yang di outputkan lewat tulisan tulisan yang terdapat pada laporan ini dan berharap penulis memberikan informasi dipenyusunan  laporan  ini yang isinya tentang array 1 dimensi yang sangat jelas  bagi pembaca. Dengan  mengetahui tentang array  maka penulis maupun pembaca dapat menambah  pengetahuan ilmu yang menyangkut dalam dunia tekhnologi pemograman.
 
c. Rumusan Masalah 
Sesuai dengan mata kuliah ini “ Teori Pemrograman OOP ” untuk menambah ilmu pengetahuan  mahasiswa Rumusan masalah dari materi Array ini sebagai berikut :
1. Penjelasan Array 1 dimensi
2. Contoh Program Array 1 dimensi
 
d. Metode Penulisan
Metode penulisan untuk pembuatan laporan ini penulis menggunakan metode informasi yang diambil atau didapat dari internet dan sedikit metode pengetahuan penulis yang didapat dari pembelajaran penulis dalam ruang lingkup perkuliahan.
 
 
PEMBAHASAN

1. Pengertian Array

Array adalah sekumpulan data yang berurutan dan mempunyai tipe variabel yang sama. indeks didalam array dimulai dari indeks ke 0 dan seterusnya. Pendeklarasian array tidak jauh beda dengan pendeklarasian variabel. Anda harus membuat sebuah daftar dari tipe data, yang diikuti oleh sepasang tanda kurung [], lalu diikuti oleh nama identifier-nya., String [] nama; atau Anda dapat menempatkan sepasang tanda kurung [] sesudah nama identifier.Sebagai contoh, kita memiliki tiga variabel dengan tipe data int yang memiliki identifier berbeda untuk tiap variabel.
 
Int
number1;
Int
number2;
Int
number3;
Number1=1;
Number2=2;
Number3=3;
 
Dari kode di atas, kita tidak perlu mendeklarasikan variable yang banyak dengan tujuan sama. Oleh karena itu digunakan array yang berfungsi mendeklarasikan variable dengan tipe data yang sama. Pada bahas pemrograman    Java maupun di bahasa pemrograman yang lain, terdapat sebuah kemampuan untuk menggunakan satu variabel yang dapat menyimpan beberapa data dan memanipulasinya dengan lebih efektif. Tipe variabel inilah yang disebut sebagai array.
Contoh dari array integer sebagai berikut.
 
array menyimpan beberapa item data memiliki tipe data sama di dalam sebuah blok memori yang berdekatan kemudian dibagi menjadi beberapa ruang. Array adalah sebuah variabel/sebuah lokasi tertentu yang memiliki satu nama sebagai identifier, namun identifier ini dapat menyimpan lebih dari sebuah nilai.
 

2. Pendeklerasian Array

Seperti yang telah dijelaskan secara singkat mengenai array pada pertemuansebelumnya adalah kelompok variabel dengan tipe sejenis dan dinyatakan dengannama yang sama. Dengan kata lain, array merupakan tipe khusus yang menyatukan sekelompok variabel dengan tipe yang sama. Array di Java dideklarasikan dengan kurung siku: […]. Sintaks umum deklarasi
array: type
var-name[];
Atau
type[]var-name;
type
 
berperan dalam mendeklarasikan tipe basis dari array. Tipe basis menentukan tipe data bagi masing-masing
elemen yang membentuk array. Dengan demikian, tipe basis untuk array menentukan tipe data yang dimuat oleh array.
 
Berikut contoh deklarasi array di Java :
_
int numbers[];
_
char[] letters;
_
long grid[][];
 
Pada Java tidak perlu menspesifikasikan ukuran array kosong saat mendeklarasikan array. Kita harus selalu menyatakan ukuran array secara eksplisit saat melakukan operasi penciptaan menggunakan operator new()
atau dengan mendaftarkan item-item untuk array pada saat penciptaan. Berikut contoh pendeklarasian array dengan menspesifikasikan ukuran spesifiknya menggunakan operator new() dan dengan memberikan  daftar item yang termasuk di dalam array :
 
char
alphabet[] = new() char [26];
int
primes = {7, 11, 13};
 

3. Array 1 Dimensi

Array 1 dimensi pada dasarnya senarai (deretan) variabel bertipe serupa. Kita lebih dahulu menciptakan variabel array dari tipe yang dikehendaki. int monthDays[]; Meskipun deklarasi telah menetapkan bahwa monthDays
adalah variabel array, namun sesungguhnya tidak ada array yang diciptakan pada saat itu. Nilai dari monthDays adalah nilai null yang merepresentasikan array tanpa nilai dan bukan bernilai nol. Bentuk umum new() untuk array 1 dimensi adalah sebagai berikut:
 
array-var
= new() type[size]
 
Dalam hal ini, type menspesifikasikan tipe data yang dialokasikan, size menspesifikasikan jumlah dari elemen array, dan array-var adalah variabel array yang dirangkai ke array. Dengan demikian, untuk menggunakan new(), kita harus menspesifikasikan tipe dan jumlah elemen untuk dialokasikan. Elemen-elemen di array yang dialokasikan oleh new() akan secara otomatis dinisialisasi ke nol.
 

Contoh array 1 dimensi

Script
 
Contoh array 1 dimensi

Hasil array 1 dimensi

 Hasil array 1 dimensi
 
 
 
 
PENUTUP
1. Kesimpulan
 
Array atau larik di definisikan sebagai pemesanan alokasi memory berurutan.definisi ini kurang tepat, karena terjadi kerancuan antara struktur data dan representasinya. Memang benar array hampir selalu di implementasikan menggunakan memory berurutan tapi tidak selalu demikian. Semua elemem array bertipe sama. Array cocok untuk organisasi kumpulan data homogen yang ukuran atau jumlah elemen maksimumnya telah diketahui dari awal.Homogen adalah bahwa setiap elemen dari sebuah array tertentu haruslah mempunyai tipe data yang sama.
 
2. Kritik dan Saran
Penulis menyadari tentang penyusunan laporan, tentu masih banyak kesalahan dan kekurangannya, kerena terbatasnya pengetahuan dan kurangnya rujukan atau referensi yang ada hubungannya dengan judul laporan ini. Penulis banyak berharap para pembaca yang budiman memberikan kritik dan saran yang membangun kepada penulis demi sempurnanya laporan ini dan dan penulisan laporan di kesempatan-kesempatan berikutnya. Semoga laporan ini berguna bagi penulis pada khususnya juga para pembaca yang budiman pada umumnya.
 
 
Daftar Pustaka
[1] Naughton, Patrick, Java
Handbook: Konsep Dasar Pemrograman Java
, Andi, Yogyakarta, 1996.
[2] Gary Cornell dan Cay S.Horstmann, Core Java edisi Indonesia, Andi Yogyakarta, 1997.
[3] ANuff, Penuntun Pemrograman Java, Andi Yogyakarta, 1997.
[4] Kadir, Abdul. Dasar Pemrograman Java 2. Andi. Yogyakarta,
2008.
[5] Riyanto, Suprapto, Pengembangan Aplikasi Manajemen
Database dengan Java
, Penerbit Gava Media, Yogyakarta, 2008.
 
INFO BARU :  Membuat menu bilangan ganjil,genap,faktorial dan fibonanci di java di eclipse

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here